RENCANA
PELASANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP
yaitu merupakan persiapan yang harus dilakukan oleh guru sebelum mengajar.
Maksud ersiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan
mental, situasi emosional yang ingin dibangun/dimunculkan, lingkungan belajar
yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.
Silahkan didownload Gratis, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Download
disini :
(K=
Kurikukulum, Kls= Kelas, T= Tema, ST= Sub Tema, P= Pembelajaran)
Di Artikel ini tersdia
Pembelajaran (P) 1, 2 dan 3, Selanjut nya Pembelajaran (P) 4, 5 dan 6 ada di
artikel selanjutnya atau berikutnya atau artikel yang lain tetapi tetap sama di
alamat Blog ini juga. Silahkan kunjungi kembali Blog ini lagi.
![](file:///C:/Users/Asus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.png)
Dibawah ini hanya contoh RPP yang lain
Contoh
RPP Untuk Mahasiswa PPL
SIKLUS I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Al-Qur’an
Hadits
Kelas/Semester : VIII / Genap
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Alokasi Waktu :
Dua x 40 Menit
Standar Kompetensi : Membaca Al-Qur’an surah
pendek pilihan
I.Kompetensi Dasar : Menerapkan hukum bacaan lam dan ra dalam
surah al-Humazah dan at-Takasur
II. Indikator : Dapat membaca surah al-Humazah dengan benar
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mendengar penjelasan guru, membaca
buku dan berdiskusi;
·
Siswa dapat membaca surah al-Humazah dengan benar
IV. Materi Pokok : Surah al-Humazah
A. Metode Dan Strategi Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Drill
V. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi salam
b. Pembukaan dan Apersepsi
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan
sekitar materi pembelajaran sebagai pretest.
e. Siswa membentuk kelompok-kelompok kecil
yang dibentuk pada pertemuan sebelumnyasebagai persiapan diskusi.
2. Kegiatan Inti
a.
Menyuruh siswa membuka materi surah yang akan dipelajari.
b.
Guru membaca materi surah dan siswa menyimak bacaan guru.
c.
Guru membaca materi surah diikuti siswa secara
klasikal sampai dikuasai dengan baik dan benar.
d.
Siswa membaca materi surah secara perorangan sambil
dinilai guru.
e.
Guru memberikan panduan tentang tajwid (hukum bacaan
lam dan ra) yang akan ditugaskan pada siswa dengan memberikan sedikit
penjelasan.
f.
Guru memberikan soal lengkap dengan panduannya yang
berhubungan dengan tajwid tersebut.
3.
Kegiatan Penutup
a.
Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi
b.
Guru memberikan tugas (post test) dalam bentuk
penugasan.
c.
Guru menutup pelajaran.
VI. Sumber Belajar
1.
Buku Paket Al-Qur’an Hadits
2.
Buku tajwid
3.
Buku relevan yang lain
VII. Penilain
1. Prosedur tes
Lisan dan
tertulis
2. Bentuk instrument
·
Dalam bacaan : Penguasaan
materi tajwid (hukum lam/ra), kefasihan, dan kelancaran.
·
Dalam tulisan : Kerapian,
benar salah jawaban
Kepala Sekolah
...................................
|
..................., ............................
Guru Mat Pel
..................................
|
|
|
0 Response to "RPP K13 Edisi Revisi 2017 Kls 4 SD/MI Semester1"
Post a Comment