Contoh RPP untuk mengajar di MI, Mata
pelajaran Fiqih kelas III, semoga bermanfaat, di jadikan bahan bacaan, untuk
membuat RPP dan untuk keperluan lainnya.
Salah khilaf Mohon Maaf,,,
Terimakasih,,,,
RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MI
Mata pelajaran :
Fiqih
Kelas/Semester :
III / 1
Standar Kompetensi : 2.
Mengenal salat Jum’at
Kompetensi Dasar : 2.1 Mengenal
ketentuan salat Jum’at
Indikator
2.1.1 Mengetahui ketentuan salat Jum’at
2.1.2 Memahami ketentuan salat Jum’at
Alokasi Waktu : Dua x 35 menit (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan
pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan
apa-apa ketentuan salat Jum’at
2.
Siswa dapat mengetahui
ketentuan salat Jum’at
3.
Siswa dapat
menyebutkan syarat wajib dan sah salat jum’at
B.
Materi Ajar
Syarat
Wajib dan sah salat jum’at
C.
Metode
pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a
-
Apersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang materi yag lalu
-
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk mengusai materi
tentang nama kitab- kitab suci dan nama-nama rasul yang menerimanya
-
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih
2.
Kegiatan inti
-
Guru
menjelaskan tentang materi syarat wajib dan sah salat Jum’at . (terlampir di lembar lampiran)
-
Guru meminta
beberapa siswa untuk syarat wajib dan sah salat Jum’at
-
Guru melakukan
tanya jawab tentan syarat wajib dan sah salat Jum’at. (terlampir di lembar
lampiran)
3.
Penutup
-
Siswa dan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran
-
Guru memberikan
tugas rumah
E.
Alat dan sumber
belajar
Buku Fiqih kelas V, karanga Anis Tanwir Hadi, halaman 24-25
penerbit Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
F.
Penilaian
Teknik
: Tes, tugas
Bentuk
Instrumen : Lisan, tertulis
Contoh
instrumen :
1. Sebutkan
syarat wajib salat Jum’at!
2. Sebutkan
syarat sah salat Jum’at!
Mengetahui
Kepala Sekolah
(Nama
Kepala Sekolah)
NIP :
|
…………, ………….
Guru Kelas
IV
(Nama
Guru Kelas)
NIP :
|
rpp fiqih kelas 1-6 di masa pandemi ada gak? kalo ada si share juga donk
ReplyDelete