Contoh RPP Kelas 4 SD/MI Tema Pahllawanku KTSP Semester1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KTSP

Kegiatan pembelajaran sangat diperlukan sebuah rencana supaya pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik. Berikut adalah contoh RPP KTSP. Silahkan Download melalui link di bawah ini.
Silahkan download disini gratis,, , : RPP Kelas 4 SD/MI Tema Pahllawanku KTSP Semester1


Sedikit mengenai penjelasan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ialah sebuah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar (KD) yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus (Kunandar, 2011: 263).
Menrut atau Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar ”.  Menurut/berdasarkan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP adalah: Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah menyatakan bahwa struktur  kurikulum  pada setiap satuan pendidikan memuat tiga komponen, yaitu: mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Adapaun komponen pengembangan diri meliputi yaitu kegiatan pelayanan konseling dan kegiatan ekstra kurikuler. Dalam hal ini kegiatan pengembangan diri merupakan bagian  integral dari kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Panduan ini berisi rambu-rambu, model, dan contoh-contoh yang dapat digunakan dalam pengembangan kegiatan pelayanan konseling dan kegiatan ekstra kurikuler di sekolah/madrasah dalam rangka penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Masing-masing sekolah/madrasah dapat menguraikan lebih lanjut substansi yang ada di dalam panduan ini demi dapat terselenggarakan kurikulum sekolah/madrasah dengan sebaik-baiknya. BSNP dan Pusat Kurikulum menyampaikan penghargaan dan mengucapkan pada pihak yang telah memberi kontribusi sehingga tersusunnya buku panduan ini.

Terimakasih sudah mengunjungi Blog kami, semoga bermanfaat untuk kita semua, untuk menadikan bahan untuk keperluan masing-masing, Apabila ada kesalahan atau ada yang tidak berkenan, mohon maaf,,,

Wassalam,,,,


0 Response to "Contoh RPP Kelas 4 SD/MI Tema Pahllawanku KTSP Semester1"

Post a Comment