RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KTSP SD Bagian 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  SDN .................
Kelas / Semester          :  IV / 1   (Satu)
Tema 5                            :  Pahlawanku
Subtema 1                      :  Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran                :  1
Alokasi Waktu               :  1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menjalankan, menerima dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku santun, jujur, peduli disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami dan mengamati pengetahuan faktual dengan cara dengan (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang terdapat di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyiapkan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.7 Mencari pengetahuan baru yang didapat dari teks nonfiksi
4.7 Menjelaskan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
Indikator
3.7.1 Menyampaikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan berdasarkan teks.
4.7.1 Menceritakan kembali isi teks berdasarkan jawaban yang ada.

IPA
3.7 Memahami dan mengetahi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7 Menyiapkan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
Indikator
3.7.1 Mengidentifikasi danmencari sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Melaporkan  hasil percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya dalam bentuk tulisan.
IPS
3.4 Mengidentifikasi atau meneliti kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
4.4 Menyiapkan hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
Indikator
3.4.1 Menyebutkan dan menyampaikan peninggalan kerajaan masa Hindu,Buddha dan Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi mastarakat di wilayah setempat.
4.4.1 Membikin laporan peninggalan kerajaan masa Hindu,Buddha dan Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah selesai membaca teks tentang Raja Purnawarman, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar.
2.    Setelah selesai menjawab pertanyaan berdasarkan teks, siswa mampu menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
3.    Setelah selesai mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi peninggalan kerajaan di masa Hindu, Budha dan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat dengan benar.
4.    Setelah selesai berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Hindu, Budha dan Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran.
5.    Setelah selesai melakukan percobaan tentang cahaya , siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
6.    Setelah selesai melakukan percobaan tentang cahaya, siswa mampu menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar.





v   Karakter siswa yang diharapkan   :

Ø  Bahasa Indonesia dan IPA       :         
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
 Integritas
Ø  IPS                                               :
Religius
Disiplin
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Menghargai Prestasi
Gemar Membaca



D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru masuk ke ruangan lalu memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Memberitahukan dan mwnjelaskan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPahlawanku”. Nasionalis
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Seorang guru menempelkan sebuah media gambar seorang anak yang membantu kakek menyeberang jalan. (Mengamati)
§  Guru meminta pendapat siswa tentang kejadian yang ada di dalam gambar.
§  Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan banyak belajar tentang nilai-nilai kepahlawanan dari Raja-Raja di masa Hindu, Budha dan Islam.(Mengkomunikasikan)
§  Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit. Mandiri
§  Setiap siswa kemudian menjawab pertanyaan yang ada dan mendiskusikan jawabannya di kelompok masing-masing. (Menanya)
§  Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif. (Mengkomunikasikan)
§  Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Bapa Guru akan memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Bapa/ibu Guru tidak menjawab langsung namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada. Collaboration
§  Guru melanjutkan kegiatan dengan meminta siswa membaca teks tentang Raja Purnawarman dalam hati. Literasi
§  Setiap siswa diminta untuk menjawab pertanyaan dan secara klasikal guru membahas jawabannya. Salah satu dari siswa bisa diminta untuk menyampaikan jawaban dan siswa lain bisa mempertanyakannya. (Menanya)
§  Siswa kemudian memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian menceritakan kembali isi bacaan dengan memperhatikan fakta-fakta yang ada, runtut dan menggunakan ejaan yang benar.
§  Guru menyampaikan rubrik penilaiankepada siswa. Communication
§  Guru memberi contoh bahwa peninggalan bukan hanya benda bersejarah saja tetapi juga pemikiran atau nilai-nilai yang bisa mempengaruhi hidup masyarakat, misalnya Raja Purnawarman memiliki nilai melindungi orang lain, dalam hal ini rakyatnya.
§  Guru meminta siswa untuk memberikan beberapa contoh sikap kepahlawanan dari Raja-Raja tersebut yang terlihat di sekitar mereka. Creativity and Innovatio
§  Siswa menuliskan nilai-nilai perjuangan atau peninggalan lainnya dari para raja yang mempengaruhi masyarakat atau daerah di mana mereka tinggal. Tulisan bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda-benda bersejarah. Nasionalis
§  Karena kegiatan berikutnya adalah percobaan, guru sebaiknya mempersiapkan perlengkapan percobaan sebelum kelas dimulai. Perlengkapan dikelompokkan berdasarkan kelompok. Gotong Royong
§  Guru meminta satu perwakilan untuk mengambil perlengkapan percobaan.
§  Siswa dan guru membuat kesepakatan tentang percobaan agar kegiatan bisa berjalan dengan baik.
§  Kelompok melakukan percobaan sesuai dengan prosedur yang ada pada buku pelajaran. Collaboration
§  Setiap siswa mencatat hasil percobaan pada tabel yang telah disiapkan. Mandiri
§  Di akhir laporannya siswa menuliskan kesimpulan. Lalu salah seorang siswa menyampaikan hasil laporannya di kelompok masing-masing dan perwakilan bisa menyampaikannya di depan kelas. Guru menambah informasi yang dibutuhkan sebagai penguatan. Integritas
150 menit
Penutup
¡   Siswa berkumpul bersama-sama bertukar pendapat membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
¡  Buku Siswa Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
§     Percobaan IPA : setiap kelompok membutuhkan 3 karton tebal
-    1 lilin
-    1 senter
-    1 gelas
-    1 lampu senter
-    2 cermin datar
-    1 pensil
-    Satu isolasi dibagi untuk seluruh kelas untuk menempel karton sehingga bisa berdiri tegak.

§    Gambar seorang anak yang sedang membantu kakek menyeberang jalan


Mengetahui
Kepala Sekolah




(Nama Kepala Sekolah)
NIP :
…………, ………….2017
Guru Kelas IV




(Nama Guru Kelas)
NIP :


0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KTSP SD Bagian 1"

Post a Comment