RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN .................
Kelas / Semester : IV / 1 (Satu)
Tema 5 : Pahlawanku
Subtema 1 : Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menjalankan, menerima dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku santun, jujur, peduli
disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami dan mengamati pengetahuan faktual
dengan cara dengan (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang terdapat di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
KI 4 : Menyiapkan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.7
Mencari pengetahuan baru yang didapat dari teks nonfiksi
4.7
Menjelaskan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa
sendiri
Indikator
3.7.1
Menyampaikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan berdasarkan teks.
4.7.1
Menceritakan kembali isi teks berdasarkan jawaban yang ada.
IPA
3.7
Memahami dan mengetahi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera
penglihatan
4.7
Menyiapkan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan yang memanfaatkan
sifat-sifat cahaya
Indikator
3.7.1
Mengidentifikasi danmencari sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera
penglihatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1
Melaporkan hasil percobaan yang
memanfaatkan sifat-sifat cahaya dalam bentuk tulisan.
IPS
3.4
Mengidentifikasi atau meneliti kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta
pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
4.4
Menyiapkan hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta
pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
Indikator
3.4.1
Menyebutkan dan menyampaikan peninggalan kerajaan masa Hindu,Buddha dan Islam
pada masa kini dan pengaruhnya bagi mastarakat di wilayah setempat.
4.4.1
Membikin laporan peninggalan kerajaan masa Hindu,Buddha dan Islam pada masa
kini dan pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta
pikiran.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah selesai membaca teks tentang Raja Purnawarman,
siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar.
2.
Setelah selesai menjawab pertanyaan berdasarkan teks, siswa
mampu menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan bahasanya sendiri
secara rinci.
3.
Setelah selesai mengamati gambar, siswa mampu
mengidentifikasi peninggalan kerajaan di masa Hindu, Budha dan Islam serta pengaruhnya
bagi wilayah setempat dengan benar.
4.
Setelah selesai berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan
peninggalan kerajaan di masa Hindu, Budha dan Islam dan pengaruhnya di wilayah
setempat dengan menggunakan peta pikiran.
5.
Setelah selesai melakukan percobaan tentang cahaya , siswa
mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan
benar.
6.
Setelah selesai melakukan percobaan tentang cahaya, siswa
mampu menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan
dengan rinci dan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
|
Ø Bahasa Indonesia dan IPA :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
Ø IPS :
|
Religius
Disiplin
Rasa
Ingin Tahu
Semangat
Kebangsaan
Cinta
Tanah Air
Menghargai
Prestasi
Gemar
Membaca
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru masuk ke ruangan lalu memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Memberitahukan dan mwnjelaskan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Pahlawanku”. Nasionalis
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Seorang guru menempelkan sebuah
media gambar seorang anak yang membantu kakek menyeberang jalan. (Mengamati)
§
Guru meminta pendapat siswa tentang
kejadian yang ada di dalam gambar.
§
Guru menyampaikan informasi kepada
siswa bahwa mereka akan banyak belajar tentang nilai-nilai kepahlawanan dari
Raja-Raja di masa Hindu, Budha dan Islam.(Mengkomunikasikan)
§
Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit. Mandiri
§
Setiap siswa kemudian menjawab
pertanyaan yang ada dan mendiskusikan jawabannya di kelompok masing-masing. (Menanya)
§
Guru membimbing diskusi, berjalan
berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap
anggota berpartisipasi aktif. (Mengkomunikasikan)
§
Guru mengajak satu atau dua siswa
untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh
siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Bapa Guru akan memberi kesempatan
kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Bapa/ibu
Guru tidak menjawab langsung namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk
mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat
menguatkan jawaban-jawaban yang ada. Collaboration
§
Guru melanjutkan kegiatan dengan
meminta siswa membaca teks tentang Raja Purnawarman dalam hati. Literasi
§
Setiap siswa diminta untuk menjawab
pertanyaan dan secara klasikal guru membahas jawabannya. Salah satu dari
siswa bisa diminta untuk menyampaikan jawaban dan siswa lain bisa
mempertanyakannya. (Menanya)
§
Siswa kemudian memperbaiki
jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian
menceritakan kembali isi bacaan dengan memperhatikan fakta-fakta yang ada,
runtut dan menggunakan ejaan yang benar.
§
Guru menyampaikan rubrik penilaiankepada
siswa. Communication
§
Guru memberi contoh bahwa
peninggalan bukan hanya benda bersejarah saja tetapi juga pemikiran atau
nilai-nilai yang bisa mempengaruhi hidup masyarakat, misalnya Raja
Purnawarman memiliki nilai melindungi orang lain, dalam hal ini rakyatnya.
§
Guru meminta siswa untuk memberikan
beberapa contoh sikap kepahlawanan dari Raja-Raja tersebut yang terlihat di
sekitar mereka. Creativity and Innovatio
§
Siswa menuliskan nilai-nilai
perjuangan atau peninggalan lainnya dari para raja yang mempengaruhi
masyarakat atau daerah di mana mereka tinggal. Tulisan bisa memuat semangat
perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda-benda bersejarah. Nasionalis
§
Karena kegiatan berikutnya adalah percobaan, guru sebaiknya mempersiapkan perlengkapan percobaan
sebelum kelas dimulai. Perlengkapan
dikelompokkan berdasarkan kelompok. Gotong Royong
§
Guru meminta satu perwakilan untuk mengambil perlengkapan percobaan.
§
Siswa dan guru membuat kesepakatan tentang percobaan agar kegiatan bisa berjalan dengan baik.
§
Kelompok melakukan percobaan sesuai dengan prosedur yang ada pada buku pelajaran. Collaboration
§
Setiap siswa mencatat hasil percobaan pada tabel yang telah disiapkan. Mandiri
§
Di akhir laporannya siswa menuliskan kesimpulan. Lalu salah seorang siswa
menyampaikan hasil
laporannya di kelompok masing-masing dan perwakilan bisa menyampaikannya di depan kelas. Guru
menambah informasi yang dibutuhkan
sebagai penguatan. Integritas
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Siswa berkumpul bersama-sama bertukar pendapat membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru
Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2017).
¡ Buku Siswa Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
§ Percobaan IPA : setiap kelompok membutuhkan
3 karton tebal
-
1
lilin
-
1
senter
-
1
gelas
-
1
lampu senter
-
2
cermin datar
-
1
pensil
- Satu isolasi dibagi untuk
seluruh kelas untuk menempel karton sehingga bisa berdiri tegak.
§ Gambar seorang anak yang sedang membantu
kakek menyeberang jalan
Mengetahui
Kepala Sekolah
(Nama
Kepala Sekolah)
NIP :
|
…………,
………….2017
Guru Kelas
IV
(Nama
Guru Kelas)
NIP :
|
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KTSP SD Bagian 1"
Post a Comment