CONTOH RPP SMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 



Mata Pelajaran          :     Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/ Semester         :     X / Ganjil
Pertemuan Ke           :     1
Alokasi                       :     1 X Pertemuan ( dua x empat puluh lima Menit)

 


Standar Kompetensi : 
Memahami siaran atau cerita yang disamapaikan secara langsung/tidal langsung

Kompentensi Dasar  :  
Menanggapi siaran dari media digital dan elektronik (berita dan non berita)
                                       
Indikator                    :  
  1. Menuliskan isi siaran radio / televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami .
  2. Menyampaikan Langsung Secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
  3. Mengajukan pertanyaan / tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).

           
I. Tujuan Pembelajaran       :  
  1. Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung (rekamana tau teks yang dibacakan)
  2. Menentukan perbedaan butir-butir yang merupakan factor dan pendapat
  3. Mengajukan pertanyaan tanggapan berdasarakan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, dan menambahkan pendapat).
  4. Menyamapaikan informasi dengan bahasa sendiri secara jelas dan mudah dipahami.

II. Materi Ajar                       : Teks bacaan dari surat kabar

III. Metode Pengajaran        : Diskusi, Tanya jawab
           
IV. Langkah Pembelajaran :
A.   Kegiatan awal : Guru menggali pengetahuan siswa tentang pemahaman terhadapa perbedaan factor (benar-benar) dan opini (pendapat)
B.    Kegiatan inti : Meminta seorang siswa untuk membacakan kaliamt-kalimat yang bersifat fakta dan bersifat opini, siswa lain menaggapinya (menyetujui, menolak/menambahkan pendapat0
C.   Kegiatan akhir : Menyuruh siswa untuk menuliskan informasi penting yang terdapat dalam teks dengan kaliamat yang efektif.



V.    Sumber Belajar :
Teks bacaan dari surat kabar
Buku pelajaran bahasa Indonesia .dumaria dkk MGMP B. Indonesia
           
VI. Penilaian              : 
      Jenis tagihan : Tugas individu
      Instrument : Format pengamatan, uraian bebas, jawaban singkat

Instrumen:
  1. Catatan isi atau pesan penting dari teks bacaan di atas!
  2. Samapaikan secara lisan isi berita yang telah dituliskan secara runtut dan jelas.
  3. Tuliskan isi atau pesan penting dari teks bacaan kedalam kaliamat atau  bahasa yang efektif dan secara benar
     
     
     

Mengetahui,                                                                                        Jakarta, 2 Agustus 2006
Kepala SMA Negeri 69 Jakarta                                                          Guru Bidang Studi




Drs. Edeng Kusniadi                                                                          Drs. Damri Said
Nip. 131 589 783                                                                                Nip. 131 123 068










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


 

Mata Pelajaran
:
Fisika
Kelas / Semester
:
X  (sepuluh) SMA / 1 (satu) SMA
Pertemuan Ke
:
1
Alokasi Waktu
:
2 x Pertemuan (dua x empat puluh lima menit)
Standar Kompetensi
:
1. Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar
:
1. Mengukur besaran fisika (massa, panjang dan waktu)
Indikator
:
1. Memakai alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan


    Beberapa jenis alat ukur

I.
Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat menggunakan alat ukur fisika dengan teliti



II.
Materi Ajar: Pengukuran massa, panjang dan waktu



IIII.  
Metode Pengajaran: Eksprimen



IV.
Langkah Pembelajaran:
A.      Kegiatan Awal (Apersepsi):
      fretes (lisan) guru menggunakan besaran besaran dalam fisika kepada siswa

B.      Kegiatan Inti
Guru menjelaskan tentang besaran besaran dalam fisika beserta alat ukur dan cara menggunakannya. Siswa mempraktikannya dg alat ukur.
C.   Post test ( tertulis)

V.
Sumber Belajar: Mistar, stop watch, neraca, buku fisika kelas X erlangga, jangka sorong,
      mikrometer



VI.
Penilaian: Tugas




Mengetahui:
Jakarta, Juli 2006
Kepala SMA Negeri 69 Jakarta
Guru Fisika kelas X



Drs. Edeng Kusniadi
Syahri Ramdani
NIP. 131 598 783





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


 

Mata Pelajaran
:
Tekhnologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
X  (sepuluh) SMA / 1 (satu) SMA
Pertemuan Ke
:
1
Alokasi Waktu
:
2 x Pertemuan (dua x empat puluh lima menit)
Standar Kompetensi
:
Melakukan operasi dasar computer
Kompetensi Dasar
:
Mematikan dan mengaktifkan computer dengan benar
Indikator
:
Mengidentifikasi jenis-jenis port sesuai fungsinya


Menghubungkan masing-masing kabel kedalam port yang sesuai dan benar


Memasangkan power supply pada console ke sumber arus listrik


Menghidupkan dan mematikan computer dengan benar

I.
Tujuan Pembelajaran:



II.
Materi Ajar: Jenis-jenis dan fungsi port yang terdapat dalam system unit



IIII.  
Metode Pengajaran: demonstrasi, simulasi, praktik



IV.
Langkah Pembelajaran:   

A.      Kegiatan Awal :
-          Doa
-          Absensi
-          motivasi

B.      Kegiatan Inti :
-          Menjelaskan dan mendemonstrasikan jenis-jenis port
-          Ditugaskan iswa menyusun unit peralatan masukan ( keyboard, mouse ), CPU, dan keluaran ( monitor, speaker,printer )
-          Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara duduk yang benar dan kesehatan menggunakan computer
-          Meminta siswa menghidupkan computer dengan benar
-          Meninta siswa mematikan computer dengan benar

C.     Kegiatan akhir :
-          Pengutan untuk mengingat dengan bertanya secara lisan apa yang telah di kerjakan
-          Salam

V.
Sumber Belajar: Buku paket TIK, buku dan majalah tentang internet



VI.
Penilaian:  Lisan dan Praktik




Mengetahui:
Jakarta, Juli 2006
Kepala SMA Negeri 69 Jakarta
Guru


0 Response to "CONTOH RPP SMA"

Post a Comment