RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN
Mata
pelajaran : IPA Sains
Materi
Pokok :Perubahan
sifat Benda
Kelas/Semester :V / 1
Alokasi
Waktu :
2 Kali 35 menit (Satu kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
Ø Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan
perubahan sifat benda ssebagai hasil suatu proses
B.
Kompetensi Dasar
Ø Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik
sementara maupun tetap
C.
Indikator
Ø Dapat mengetahui bagaimana perubahan sifat benda
Ø Memahami perubahan sifat benda
D.
Tujuan
pembelajaran
Ø Siswa dapat menjelaskan bagaimana perubahan sifat benda
Ø Siswa dapat menyebutkan apa-apa saja sifat benda yang berubah
Ø Siswa dapat membedakan perubahan sifat benda
E.
Materi
Pembelajaran
Ø Perubahan sifat benda
F.
Metode
pembelajaran
Ø Ceramah
Ø Tanya jawab
Ø Penugasan
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Ø Kegiatan Pendahuluan
-
Memulai dengan
salam dan menyapa siswa untuk belajar
-
Apersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang materi yang lalu
-
Guru memotivasi
siswa
-
Meminta siswa
menyiapkan buku teks IPA Sains
Ø Kegiatan inti
-
Guru
menjelaskan kepada siswa tentang perubahan sifat benda
-
Guru menunjukan
gambar atau media yang berhubungan dengan perubahan sifat benda
-
Guru melakukan
tanya jawab tentang perubahan sifat benda
Ø Penutup
-
Siswa dan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran
-
Guru memberikan
tugas rumah
H.
Alat dan sumber
belajar dan media
Ø Buku Sains Sahabatku kelas V, karanga Rachmat dan Sunarto, halaman
75-81 penerbit Geneca Exact
Ø Media : Gambar, es, kertas, dan besi
I.
Penilaian
Ø Teknik Penilaian : Lisan dan
Tertulis
Ø Bentuk Instrumen :
Pilihan ganda dan Esay
Contoh Instrumen soal :
1.
Contoh bendaa
yang mengalami perubahan tetap ialah....
2.
Lilin di bakar
mengalami perubahan yang bersifat?
3.
Jelaskan
keadaan buah yang sudah mengalami pembusukan
4.
Dapatkah es
yang mencair kembali ke bentuk semula? Jelaskan.
5.
Mengapa beras
yang telah dimasak mengalami perubahan tetap?
Kunci Jawaban :
1.
Kertas dibakar
dan buah membusuk
2.
Sementara,sifat
benda nya dapat kembali ke wujud smula
3.
Beuah mengalami
pembusukan itu contoh perubahan sifat karena adanya mikroorganisme. Perubahan
yang terjadi pada adalah warna, kekerasan, dan bau
4.
Es yang mencair
bisa kembali seperti semula denga cara didinginkan/dimasukan kedlam lemari
pendingin
5.
Karena beras
yang di masak menjadi nasi, nasi tidak dapat kembali lagi menjadi beras. Itu
perubahan sifat benda yang tidak dapat kembali ke wujud semula
Mengetahui
Kepala Sekolah
(Nama
Kepala Sekolah)
NIP :
|
…………, ………….
Guru Kelas
IV
(Nama
Guru Kelas)
NIP :
|
0 Response to "RPP IPA SD KLS 5"
Post a Comment