RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MIN Pemurus
Dalam
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi
Pokok :
Membaca dongeng
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi
Waktu :
2 Kali 35 menit (Satu kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
Ø Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca
dongeng
B.
Kompetensi Dasar
Ø 3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca
C.
Indikator
Ø Memahami isi dongeng
Ø Mampu menceritakan isi dongeng
D.
Tujuan
pembelajaran
Ø Siswa dapat membacakan isi dongeng
Ø Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng
E.
Materi
Pembelajaran
Ø Membaca dongeng
F.
Metode
pembelajaran
Ø Ceramah
Ø Reading eload
Ø Penugasan
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Ø Kegiatan Pendahuluan
-
Memulai dengan
salam dan menyapa siswa
-
Apersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang materi yag lalu
-
Guru memotivasi
siswa
-
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Bahasa Indonesia
Ø Kegiatan inti
-
Guru membacakan
kepada siswa isi dongeng
-
Guru meminta
beberapa siswa untuk membacakan dongeng
-
Guru meminta
beberapa siswa untuk menceritakan kembali isi dongeng
Ø Penutup
-
Siswa dan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran
-
Guru memberikan
tugas rumah
H.
Alat dan sumber
belajar dan media
Ø Buku Bahasa Indonesia kelas III, halaman 67-70, Kaswan Darmadi dan
Rita Nirbaya penerbit Pusat pepmbuukuan Departemen Pendidikan Nasional
I.
Penilaian
Ø Teknik Penilaian : Tes,
Tugas
Ø Bentuk Instrumen : Lisan,
Tertulis
Ø Contoh instumen :
1.
Dimanakah
tempat tinggal janda miskin dalam crita “Batu Menangis” tadi?
2.
Apakah yang
dilakukan si gadis ketika berjalan bersama ibunya?
3.
Menggapa gadis
itu menggap ibunya sebagai pambantu dan budak?
4.
Bagaimana
mula-mula sikap ibu melihat anak gadisnya yang durhaka itu?
5.
Mengapa
akhirnya si ibu sangat marah?
Kunci Jawaban : Terlampir
Banjarmasin, 27 Oktober 2011
Mengetahui
Guru Mata
Pelajaran Mahasiswa PPL
M. Aminullah,
S. Ag M.Mahyuni
NIP. NIM.0801299380
1.
Tempat tinggal
janda misikin dalam cerita “Batu Menangis” adalah
Disebuah
perbukitan yang jauh dari desa, di daerah kalimantan
2.
Yang dilakukan
sigadis ketika berjalan bersama ibunya
Dia tidak
menggakui ibunya, dan iya menjawab ibu nya adalah pembantu atau budak dia.
3.
Gadis itu
menggap ibunya sebagai pembantu dan budak karena ibu nya berpakaian yang sangat
dekil dan membawakeranjang, sedangkan dia berpakaian bagus bersolek
4.
Mula-mula sikap
si ibu melihat anak gadisnya yang durhaka
Si ibu masih
dapat menahan diri
5.
Mengapa
akhirnya si ibu sangat marah karena si anak gadisnya yang durhaka itu
berulang-ulangkali didengarnya jawaban yang sama
0 Response to "RPP BAHASA INDONESIA MI LENGKAP"
Post a Comment